Baritan Tradisi Leluhur Warga Desa Cikandang Kec Kersana Kab Brebes

Header Menu

Advertisement

Baritan Tradisi Leluhur Warga Desa Cikandang Kec Kersana Kab Brebes

Redaksi
Kamis, Agustus 26, 2021

Baritan tradisi leluhur warga Desa Cikandang Kec.Kersana Kab.Brebes 




BAROMETERMAS.COM.Brebes. - 

Tradisi leluhur yang sudah jarang ditemui pada masa milenial ini kembali di adakan dan akan menjadi rutinitas dilaksanakan setahun sekali dibulan Sura. Dahulu kegiatan ini selalu di laksanakan oleh sesepuh desa,akan tetapi karena perubahan jaman dan perubahan kebiasaan manusia rutinitas ini jarang kita temui.



Didesa Cikandang ini sedekah bumi dinamakan baritan, yaitu wujud rasa bersyukur kepada karunia Allah SWT selama satu tahun ini.



" Dengan acara sedekah bumi atau baritan ini kita harus mengingat kepada Allah SWT atas karunia yang dilimpahkanNya, dan acara ini akan dilaksanakan setiap tahun di Desa Cikandang" menurut keterangan Junaedi Kepala Desa Cikandang.



Kegiatan dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat warga Desa Cikandang , penggalangan dana sampai pelaksanaan kegiatan semua swadaya masyarakat, acara dimulai dengan pembukaan ,kemudian sambutan oleh Kepala Desa ,sambutan panitia kemudian dilanjutkan doa dan tahlil bersama.




"Baritan atau sedekah bumi ini adalah budaya leluhur Cikandang harus tetap dilestarikan,saya yang dari kecil hingga tua disini telah melihat sendiri bagaimana orang tua kita dulu setiap harinya membuat batu bata merah dipinggir sungai ,rejeki orang Cikandang ini datangnya dari sungai ,air yang meluap banjir jangan anggap itu sebagai bencana anggaplah itu sebagai rejeki, dimana lumpur banjir yang terbawa adalah bahan yang bagus untuk membuat batu bata merah, kita wajib bersyukur atas karunia ini " demikian menurut Rakam Sofyan Ketua RT04 Desa Cikandang.



Pada intinya semua yang dilakukan warga masyarakat Desa Cikandang malam ini (26-08-2021) dengan mengadakan baritan ,adalah manifestasi rasa bersyukur atas karunia Allah SWT atas nikmat yang diberikan selama ini.


(Romeo)