TBM Rumah An-Nur Bumikan Literasi Di Losari Brebes

Header Menu

Advertisement

TBM Rumah An-Nur Bumikan Literasi Di Losari Brebes

Redaksi
Rabu, Agustus 11, 2021

TBM Rumah An-Nur Bumikan Literasi di Losari Brebes



Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat terhadap buku, Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah An-Nur Losari Brebes menyelenggarakan program khataman buku pada Selasa (10/8/2021).



Hal ini dimaksudkan agar sekelompok masyarakat atau perorangan yang memang peduli dengan literasi juga ikut berupaya meningkatkan literasi masyarakat, termasuk anak-anak muda yang harus peka terhadap minat baca sebagai jendela wawasan dunia.



Faisal Rifqi, pegiat literasi dari Losari Brebes yang merasa terpanggil untuk ikut andil dalam meningkatkan literasi masyarakat, bergotong royong bersama teman sebayanya melakukan kegiatan rutinan hataman buku.


“Alhamdullilah, dengan kegiatan ini pemuda disini lebih melihat rak berisi buku yang sudah ada di TBM Rumah An-Nur sehingga lebih produktif untuk memanfaatkan waktu yang ada dari pada bermain games,” kata Faisal Rifqi.



Rifqi sapaanya menambahkan khataman buku ini merupakan komunitas yang membicarakan buku dan hal-hal yang melingkupinya dan diadakan setiap senin malam membuka buku yang sudah dibaca lalu bersama mendiskusikannya.


“Lebih sering membuka karya fiksi meski beberapa kali juga non fiksi, bahkan pernah juga nobar dan membahas film.” Tambahnya.




Masih menurut Rifqi, banyak orang-orang yang sudah gemar membaca sulit menemukan sebuah ruang yang tepat untuk membicarakan hasil bacaannya termasuk untuk berdiskusi dalam sebuah komunitas buku, dimana para anggotanya berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.


“Tentu akan dapat menghadirkan beragam opini, perspektif, dan pengalaman hidup yang menarik dari peserta khataman buku, termasuk kegiatan ini baru ada di wilayah losari.” tuturnya lagi.



Dengan hadirnya Khataman Buku di Losari, mudah-mudahan semakin banyak orang yang mulai tertarik untuk membaca buku.

“Sesuai dengan motto Khataman Buku -Berkubu Pada Buku, Menjalar Dalam Belajar-." ungkapnya.


(Eko / M. Husni Iskandar)