Camat Karawang Barat Ajak Emak Emak Budidaya Magot

Header Menu

Advertisement

Camat Karawang Barat Ajak Emak Emak Budidaya Magot

Redaksi
Rabu, November 03, 2021

Camat Karawang Barat Ajak Emak Emak Budidaya Magot


BAROMETERMAS.COM. Karawang. - Camat Karawang Barat Lasmi Ningrum mengajak emak-emak di Kelurahan Mekarjati mengelolah sampah rumah tangga menjadi pupuk organik dengan memanfaatkan pekarangan di tempat tinggal nya masing-masing. Sosialisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Pengelolaan Sampah dengan Budidaya Magot di RW.07, Kampung Secang, Mekarjati, Kamis (28/10/2021).



Menurutnya, di Kelurahan Mekarjati hingga saat ini belum tersedia tempat pembuangan sampah (TPS) yang dapat menampung sampah rumah tangga.



Lain hal dengan cara penanganan sampah yang ada di wilayah perkotaan. Jika di wilayah perkotaan sampah ditangani oleh petugas kebersiha dengan cara diangkut ke lokasi pembuangan.

Namun, bagi masyarakat Mekarjati mereka agak kesulitan dalam mengatasi dan penanganan sampah rumah tangga.



Sebagai solusinya, lanjut Lasmi Ningrum, pihak kecamatan mengajak warga, khususnya kaum wanita untuk memanfaatkan halaman rumah sebagai wadah pengelolaan sampah menjadi pupuk organik dan budidaya magot.



Camat Karawang Barat menyerahkan bibit tanaman kepada salah seorang perwakilan emak-emak peserta sosialisasi.

" Dipilihnya ibu-ibu mengelolah sampah di halaman rumah, karena mereka lebih banyak waktu luang di rumah," ujar Bu Camat Lasmi Ningrum.



Dia menambah kan, guna menunjang kegiatan para ibu budidaya magot di pekarangan rumah, pihaknya memanfaatkan potensi yang ada di wilayah Kecamatan Karawang Barat, salah satunya menggandeng Green Day yang konsen terhadap budidaya magot.



" Mitra kerja kami akan membantu memberi bimbingan serta penyuluhan kepada ibu-ibu bagaiaman cara mengelola budidaya magot. Dan cara mengelola tanaman dengan media hydropink,"tutur Bu Camat Lasmi.



Usai menggelar sosialisasi Camat Karawang Barat didampingi Lurah Mekarjati, Karta Wijaya menyerahkan bibit tanaman dan media tanam bydroponik secara simbolis kepada perwakilan emak-emak.


 ( Ccp C )