Lanal Lhokseumawe Resmikan KBN TNI AL Tahun 2023 di Peudada Kabupaten Bireu

Header Menu

Advertisement

Lanal Lhokseumawe Resmikan KBN TNI AL Tahun 2023 di Peudada Kabupaten Bireu

Redaksi
Senin, Desember 04, 2023

Lanal Lhokseumawe Resmikan KBN TNI AL Tahun 2023 di Peudada Kabupaten Bireun



BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Lhokseumawe,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto, melaksanakan Vidcon Sekaligus Peresmian Kampung Bahari Nusantara TNI AL Tahun 2023, bertempat di Desa Neubok Naleung, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireun, Senin (04/12/2023). 


Peresmian Kampung Bahari Nusantara TNI AL Tahun 2023, kali ini mengusung tema "Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi Ekonomi Masyarakat Maritim dan Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". 


Pada kesempatan tersebut, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto, menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung serentak di 69 titik, se-nusantara yang terpusat di Surabaya, dipimpin langsung oleh Aspotmar Kasal Mayor Jenderal TNI (Mar) Markos, bersama Unsur Forkopimda Provinsi Jawa Timur. 


Kegiatan ini merupakan program tahunan dari TNI Angkatan Laut dalam wujud karya bakti yang dilaksanakan di daerah-daerah pesisir laut dan terpusat di Surabaya dipimpin oleh Aspotmar Kasal dengan mengundang Unsur Forkopimda Provinsi Jawa Timur. 


Danlanal Lhokseumawe menambahkan, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan 5 (lima) Kluster Program Angkatan Laut, diantaranya Kluster Pendidikan berupa bantuan sarana prasarana kepada Sekolah PAUD, Kluster Kesehatan berupan layanan kesehatan dan tempat tinggal serta dukungan sarana prasana Posyandu. 


Kluster Ekonomi, diantaranya pemberian bantuan bibit udang 100.000 benih kepada nelayan tambak di Kawasan Ujung Bungong Jeumpa Desa Neubok Naleung, dan Kluster Pariwisata pihak Lanal Lhokseumawe memberikan bantuan gazebo dan gapura. Sementara untuk bela negara, pihak Lanal Lhokseumawe membina Pramuka Saka Bahari untuk menumbuhkan cinta tanah air dan cinta kebaharian. 


Selanjutnya Danlanal Lhokseumawe menjelaskan bahwa, Karya Bakti Nusantara ini setiap tahunnya dilaksanakan secara rutin, namun untuk lokasinya berpindah pindah, tepatnya di desa pesisir pantai sepanjang wilayah tugas Lanal Lhokseumawe. 


"Pada tahun 2021 kita laksanakan di Lhokseumawe, kemudian tahun 2022 di Aceh Utara, pada tahun 2023 kali ini kita adakan di Peudada Kabupaten Bireun", Jelas Danlanal Lhokseumawe. 


Dalam kegiatan persemian KBN kali ini, Lanal Lhokseumawe menggandeng stakeholder yang dapat memberikan partisipasinya pada masyarakat sehingga dapat bersinergi dan memberikan manfaat kepada masyarakat. 



Turut  hadir dalam giat tersebut, Palaksa Lanal Lhokseumawe, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Lhokseumawe, Para Unsur Muspika Kecamatan Peudada, Kabid Pariwisata Kabupaten Bireun Bahroni dan Kadis Perpustakaan Kabupaten Bireun, serta Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat Desa Neubok Naleung Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. 


(Pen Lanal Lhokseumawe/DIN)