Komandan Lanal Bandung Hadiri Taklimat Awal Audit Kinerja Itjenal TA 2024 di Mako Lanal Bandung

Header Menu

Advertisement

Komandan Lanal Bandung Hadiri Taklimat Awal Audit Kinerja Itjenal TA 2024 di Mako Lanal Bandung

Redaksi
Selasa, Mei 28, 2024

 Komandan Lanal Bandung Hadiri Taklimat Awal Audit Kinerja Itjenal TA 2024 di Mako Lanal Bandung



BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr. Hanla., menghadiri Taklimat Awal Audit Kinerja Inspektorat Jenderal Angkatan Laut (Itjenal) TA. 2024, dibuka oleh Katim Audit Kinerja Itjenal Kolonel Laut (P) Andohar, bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No.8 Kota Bandung, Selasa (28/05/2024).


Dalam sambutan Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr. Hanla., mengatakan bahwa kegiatan Wasrik Kinerja Itjen Tahun 2024 ini merupakan tindak lanjut prioritas pimpinan TNI Angkatan Laut berkaitan peningkatan program dan anggaran berbasis kinerja dan berorientasi hasil yang mendukung penguatan Reformasi Birokrasi (RB). Diharapkan melalui Audit Kinerja yang akan dilaksanakan di Lanal Bandung oleh Itjenal, merupakan evaluasi secara objektif baik secara organisasi, program, fungsi atau kegiatan di lingkungan TNI AL khususnya Lanal Bandung sehingga kegiatan Audit Kinerja ini akan memberikan tingkat keyakinan atas informasi yang dilaporkan mengenai hasil-hasil program atau kegiatan yang mempunyai hubungan yang sangat erat dengan sistem pengendalian intern dalam organisasi TNI AL.


Kepada para perwira dan seluruh personel Lanal Bandung, saya memerintahkan agar mendukung tugas-tugas Tim Audit Kinerja Itjenal dengan memberikan laporan maupun data yang dibutuhkan selama pelaksanaan Audit Kinerja. Selain itu, agar menciptakan hubungan mitra kerja yang harmonis melalui interaksi yang kooperatif guna mendapatkan solusi yang tepat dalam rangka perbaikan dan peningkatan kinerja satker dalam melaksanakan tugas organisasi. Berharap kegiatan Audit Kinerja di Lanal Bandung ini dapat kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk mengetahui serta menilai efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan program kerja dan anggaran yang sudah dilaksanakan guna memberikan gambaran dan keyakinan bahwa tugas yang kita laksanakan dapat tercapai sesuai prinsip ketertiban, kepatuhan, efektif, efisien dan ekonomis.


Sementara itu, Inspektur Operasi dan Latihan (Iropslat) Itjenal Laksma TNI Nursyawal Embun, M.Tr.Opsla., selaku Pengendali Teknis dalam sambutannya yang dibacakan Katim Audit Kinerja Itjenal Kolonel Laut (P) Andohar menyampaikan bahwa Audit Kinerja Itjenal merupakan pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah yang terdiri atas aspek kehematan, efisiensi dan efektivitas kegiatan penyelenggaraan anggaran tahun 2024. Di Lanal Bandung akan dilaksanakan mulai tanggal 28 sampai dengan 29 Mei 2024. Tujuan dari Audit Kinerja Lanal Bandung adalah untuk menilai efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan program kerja dan anggaran yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan guna memberikan keyakinan memadai sehingga tugas pokok entitas dapat tercapai sesuai prinsip ketertiban, kepatuhan, efektif, efisien dan ekonomis. 


Keberhasilan antara pelaksanaan audit sangat tergantung adanya kerjasama dan hubungan dari staf baik dalam penyajian, kelengkapan dokumen maupun keterbukaan informasi, oleh karenanya agar pelaksanaan audit dapat berjalan lancar maka seluruh Staf Lanal Bandung akan membantu memberikan data informasi beserta penjelasan sesuai dengan kebutuhan auditor sehingga hasil audit dapat memberikan rekomendasi yang tepat dan pemanfaatan waktu lebih efektif.


Selanjutnya, Tim Audit akan melaksanakan Audit Kinerja di Lanal Bandung Tahun 2024, dan sebagai Dalnis Irops Itjenal saya mengharapkan dalam pelaksanaan pendalaman Audit Kinerja yang akan berlangsung selama dua hari dapat terjalin kerjasama yang baik saling menghormati antara auditi dan auditor sehingga tugas dapat tercapai sesuai yang diharapkan. 


(Pen Lanal Bandung/DIN)