Camat Pebayuran Tanggap Keluhan Warga Karangharja Keringnya Air Irigasi

Header Menu

Advertisement

Camat Pebayuran Tanggap Keluhan Warga Karangharja Keringnya Air Irigasi

Redaksi
Kamis, Agustus 22, 2024

Camat Pebayuran Tanggap Keluhan Warga Karangharja Keringnya Air Irigasi 



BAROMETERMAS.COM. Bekasi, - Irigasi Pertanian di Kampung Kobak Ceper Desa Karangharja Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi Jawa Barat . keluhan para petani Karangharja akibat air irigasi yang tidak sampai ke wilayah Karangharja BKG 38 , akibat saluran irigasi BKG 36 terlalu tinggi sehingga air tidak bisa mengalir dan dampak nya mengakibatkan pesawahan di Desa Karangharja mengalami kekeringan akibat pengurangan air dari Perum Jasa Tirta ( PJT) ll Kabupaten Bekasi , dengan adanya kehadiran Camat dan Seksi Ketertiban Kecamatan , di tengah - tengah Para petani beserta Kades dan Ketua Gapoktan dan tokoh masyarakat BPD Karangharja , untuk musyawarah membahas mengenai sawah para petani Karangharja kekeringan akibat air tidak sampai ke wilayahnya, Kamis, (22/8/2024).


Hasyim Adnan Adha, S. STP, M. Si mengatakan fenomena kekeringan ini di lahan pertanian Karangharja sangat prihatin disebabkan pengurangan air dari Perum Jasa Tirta ( PJT) ll , sehingga air tidak bisa masuk ke wilayah Desa Karangharja dan mengakibatkan sawah para petani kekeringan , dan sektor pesawahan di wilayah Karangharja sangat luas sekali dan sangat di sayangkan kalau tidak segera di atasi dan insyallah nanti saya akan sambangi ke pihak Perum Jasa Tirta ll , untuk segera mendapatkan air sehingga semua sawah pertanian bisa terisi air dan di bulan Desember semua para petani Karangharja bisa panen , dan saya berharap kepada pihak Aparatur Pemerintahan Desa Karangharja mari kita bersama - sama menangani agar masalah ini segera teratasi dan para petani sawah nya bisa dapat terairi kembali, " Pungkasnya.



Sukarma selaku Kepala Desa ( Kades ) Karangharja mengatakan mengenai air yang tidak bisa masuk ke wilayah karangharja sudah banyak para petani yang laporan ke saya gimana jalan keluarnya supaya sawah para petani bisa mendapatkan air dari irigasi tersebut , sedangkan dari hulu air tersebut mengalir walau tidak lancar dikarenakan ada normalisasi irigasi di hulu tersebut dan saya beserta warga Karangharja sengaja melaporkan ini ke Camat supaya datang langsung ke lokasi agar lebih jelas melihat keadaan pesawahan yang kekeringan akibat irigasi nya juga kering yang ada di Desa Kami , dan harapan saya semoga masalah ini bisa segera teratasi" Katanya.

 



Salah seorang warga Dede mengatakan keringnya pesawahan diakibatkan saluran irigasi tidak ada air nya dan saya harus nyedot air kemana , sedangkan biaya nyedot air itu  sangat mahal itu pun kalau di irigasinya ada air nya , dan jangan sampai di musim tanam padi ke 2 gagal kalau gagal lagi saya selaku masyarakat Karangharja harus bagaimana lagi dan saya sangat berharap sekali kepada Bapak Camat dan Kades dengan sangat mohon atas keringnya irigasi dan sawah kami , bisa terairi kembali dan kami mewakili warga Karangharja , " Terangnya.


( Dian Permana )