Lanal Lhokseumawe Laksanakan Kunjungan Pulau Terluar

Header Menu

Advertisement

Lanal Lhokseumawe Laksanakan Kunjungan Pulau Terluar

Redaksi
Selasa, Agustus 06, 2024

 Lanal Lhokseumawe Laksanakan Kunjungan Pulau Terluar



BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Belawan,- Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe melaksanakan Program Pembinaan Potensi Maritim Wilayah Perbatasan Laut (BINPOTMARWILTASLA) bertempat di Pulau Pusong, Langsa, Lhokseumawe, Aceh, Senin (05/8/2024). 


Binpotmarwiltasla menjadi bagian integral dari tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang diemban oleh TNI Angkatan Laut, juga bertujuan untuk menanamkan karakter dan semangat nasionalisme kepada masyarakat, terutama generasi muda. Fokus utama program ini adalah untuk membina potensi maritim di wilayah pulau terluar atau terisolir dari daerah pusat kota.


Pulau Pusong tersebut merupakan wilayah kerja Lanal Lhokseumawe dibawah Lantamal I, dengan jumlah penduduk sebanyak 400 KK, dihuni sebanyak 400 KK, disini sangat memprihatinkan karena akses kebutuhan air yang layak untuk kebutuhan sangat sulit, masyarakat disini membeli air dari kapal yang dipesan, dan juga banyaknya sampah disekitaran hunian.


Dalam sambutannya, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto menyampaikan harapannya agar kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan wawasan masyarakat khususnya generasi muda tentang potensi dan ancaman terkait dengan bidang maritim di wilayah perbatasan laut.


Adapun kegiatan yakni, memberikan edukasi kepada masyarakat Pulau Pusong tentang wawasan kebangsaan, sosialisasi hukum laut dan bahaya narkoba, pelayanan kesehatan kepada masyarakat Pulau Pusong tersebut. 


Selain penyuluhan, juga dilaksanakan pelayanan berupa pengobatan gratis kepada masyarakat, memberikan 5 toren air kapasitas 1000 Liter, 30 tempat bak sampah dan juga pembagian ratusan paket sembako. 


(Dispen Lantamal I/DIN)