Uji Kemampuan Prajurit, Pangkalan TNI AL Nias Laksanakan Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2

Header Menu

Advertisement

Uji Kemampuan Prajurit, Pangkalan TNI AL Nias Laksanakan Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2

Redaksi
Jumat, Agustus 30, 2024

 Uji Kemampuan Prajurit, Pangkalan TNI AL Nias Laksanakan Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2



BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Lanal Nias,- Untuk menguji kemampuan prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nias melaksanakan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan P-1 dan P-2, Kamis (29/8/2024).


Kegiatan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan P-1 dan P-2 dari Kolat Kormada I dilaksanakan selama 2 hari tanggal 28-29 Agustus 2024.


Dalam sambutannya, Danlanal Nias Kolonel laut (P) Wisnu Ardiansyah, S. E, M.Tr. Hanla., M.M., CHRMP., menyampaikan selamat datang di Lanal Nias, Personel Lanal sudah melaksanakan latihan dalam rangka menghadapi Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan P-1 dan P-2 dari Kolat Kormada I dalam pelaksanaan nantinya kalau ada koreksi dan perbaikan akan bermanfaat bagi Lanal Nias, karena kegiatan ini tentunya akan membantu personel Lanal Nias dalam melaksanakan tugas sebagai prajurit TNI AL. 


Sementara itu, Wakatim Letkol Laut (P) Putu Agus Harianto S.H.,M.Tr.Opsla

Menyampaikan sambutan dari Pangarmada I, Kepada para peserta latihan sekalian, saya berharap agar melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab sehingga tujuan sasaran latihan dapat tercapai. Perlunya tindakan purba jaga yang profesional guna mencegah terjadinya kerugian personil dan materil dengan melaksanakan prosedur latihan dengan cermat dan benar. Tingkatkan terus profesionalisme pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki selama ini dan laksanakan Uji Terampil Glagaspur dengan penuh semangat serta utamakan _Zero Accident_ dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.


Adapun materi yang diujikan dalam kegiatan Uji Terampil Glagaspur Tingkat Pangkalan ini meliputi giat P1 yakni Peraturan Militer Dasar (Permildas), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas, Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dinas Garnizun (PDG). Selain itu, juga dilaksanakan Uji Keterampilan Perorangan (Bongkar Pasang Senjata, Menembak, dan Renang Militer), dan Uji Keterampilan Kebaharian (Uji Tulis, Semaphore, Peluit, Tali Temali). Sedangkan giat P2 meliputi Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Peran Kebakaran (PEK), Pengendalian Huru Hara (PHH), dan Evakuasi Medis.


(Pen Lanal Nias/DIN)