DANLANAL BINTAN HADIRI APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA KUNJUNGAN KERJA WAKIL PRESIDEN RI DI TANJUNG PINANG

Header Menu

Advertisement

DANLANAL BINTAN HADIRI APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA KUNJUNGAN KERJA WAKIL PRESIDEN RI DI TANJUNG PINANG

Redaksi
Senin, September 09, 2024

 DANLANAL BINTAN HADIRI APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA KUNJUNGAN KERJA WAKIL PRESIDEN RI DI TANJUNG PINANG





BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Bintan,- Dalam rangka kunjungan kerja Wakil Presiden RI Prof. Dr (HC) K.H. Ma'ruf Amin di Kota Tanjungpinang, Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., selaku Komandan Sub Satgas (Dansubsatgas) Pam Perairan, mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Gabungan Pengamanan VVIP di Lapangan Apron Pangkalan Udara TNI AL Kota Tanjungpinang, Minggu (08/09/2024).


Apel Gelar Pasukan Operasi Pengamanan ini dipimpin oleh Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Watuseke dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan personel maupun material. Kegiatan operasi pengamanan ini ditandai dengan penyematan pita oleh pimpinan apel kepada setiap perwakilan dari TNI-Polri dan Instansi terkait.


Dalam Amanatnya, Danrem 033/WP Brigjen Jimmy Watuseke mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan masing-masing satgas baik personel dan material pengamanan serta sarana pendukung lainnya. Dikaitkan dengan kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia, maka tanggungjawab pengamanan dilaksanakan TNI/Polri dan pemerintah daerah, yang saling berkoordinasi dan bekerjasama, sehingga tercipta sinergi dalam pelaksanaan tugas di lapangan serta dituntut kesiapsiagaan yang tinggi dimiliki setiap personel yang bertugas di lapangan, melaksanakan koordinasi dan kerjasama, serta tetap berpedoman pada protap pengamanan VVIP baik secara langsung maupun tidak langsung agar sasaran dan tujuan pengamanan dapat tercapai dengan optimal. 


Kepada personel pengamanan agar memahami tugas masing-masing ke depan dan tindakan terhadap upaya pihak-pihak yang ingin mengganggu kelancaran sebelum selama dan sesudah kunjungan kerja Wakil Presiden Republik Indonesia, saya selaku penanggung jawab pengamanan mengucapkan terima kasih kepada unsur TNI/Polri dan pemerintah daerah atas semua persiapan tugas dari masing-masing satgas.


Danlanal Bintan selaku Dansubsatgas Pam Perairan juga menambahkan bahwa operasi pengamanan VVIP kali ini, TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Bintan selain mengirimkan personel pengaman didarat, juga menyiapkan unsur-unsur laut yang disiapkan di Perairan Bintan khususnya di Tanjung Pinang. 


Danlanal Bintan berharap agar setiap prajurit memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP, memegang teguh disiplin dan rantai komando, melakukan koordinasi maksimal dengan unsur pengamanan lainnya, melaporkan setiap perkembangan situasi dan hal-hal menonjol serta utamakan faktor keamanan personel dan materiil selama pelaksanaan tugas.


(Pen Lanal Bintan/DIN)