Danlanal Simeulue Bersama Forkopimda Kabupaten Simeulue Laksanakan Pelepasan KRI Teuku Umar-385

Header Menu

Advertisement

Danlanal Simeulue Bersama Forkopimda Kabupaten Simeulue Laksanakan Pelepasan KRI Teuku Umar-385

Redaksi
Jumat, September 27, 2024

 Danlanal Simeulue Bersama Forkopimda Kabupaten Simeulue Laksanakan Pelepasan KRI Teuku Umar-385 



BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Simeulue,- Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana, S.T., M.T., M.Tr.Opsla., melaksanakan pelepasan KRI Teuku Umar-385 beserta rombongan BI dalam rangka Layanan Kas Keliling Pulau Terluar, bertempat di Pelabuhan Laut Sinabang, Desa Suka Jaya, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Rabu (25/09/2024).


Pelepasan KRI Teuku Umar-385 dalam rangka "Layanan Kas Keliling Pulau Terluar" adalah bagian dari program yang melibatkan kerjasama antara TNI Angkatan Laut dan Bank Indonesia (BI). Program ini bertujuan untuk mendistribusikan uang layak edar serta layanan perbankan ke wilayah-wilayah daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) yang sulit dijangkau melalui jalur darat ataupun udara.


Melalui misi ini, KRI Teuku Umar-385 tidak hanya berfungsi sebagai kapal perang, tetapi juga sebagai sarana logistik untuk membantu mendistribusikan uang tunai dan layanan kas, yang sangat penting bagi penduduk di pulau-pulau terluar. Hal ini membantu menjaga stabilitas moneter, memperlancar transaksi ekonomi, serta memastikan ketersediaan uang tunai yang layak edar diseluruh wilayah Indonesia, termasuk pulau-pulau kecil yang jauh dari pusat-pusat ekonomi perkotaan. Misi ini dilakukan dalam rangka menjaga kedaulatan negara, sekaligus memberikan kontribusi nyata terhadap kesejahteraan masyarakat di wilayah terpencil.


Hadir dalam pelepasan KRI Teuku Umar-385, Dandim 0115/Simeulue diwakili Kasdim 0115/Simeulue Mayor Inf Hari Soesanto, Kapolres Simeulue diwakili oleh Kasat Samapta Iptu Syahri Amin, Plh. Kejari Simeulue diwakili Kasi P3BR Heri Ikbal, S.H., Kepala Syahbandar Simeulue L. Hakim, Kepala Bank BSI KCP Sinabang Mudhahir.


(Pen Lanal Simeulue/DIN)