Lanal Dabo Singkep Laksanakan Upacara HUT Ke-79 TNI AL Tahun 2

Header Menu

Advertisement

Lanal Dabo Singkep Laksanakan Upacara HUT Ke-79 TNI AL Tahun 2

Redaksi
Selasa, September 10, 2024

 Lanal Dabo Singkep Laksanakan Upacara HUT Ke-79 TNI AL Tahun 2


024


BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Dabo Singkep,- Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Lanal DBS) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 TNI Angkatan Laut Tahun 2024, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Dabo Singkep, pada Selasa (10/9/2024). 


Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Tri Hermawan MA, M.Tr. Opsla., yang diwakili oleh Palaksa Lanal Dabo Singkep Mayor Marinir Saul Jamlaay dimana peserta upacaranya terdiri dari Perwira Staf, Bintara, Tamtama, Pegawai Negeri Sipil Lanal DBS, Prajurit Puslatpurmar 9 Dabo Singkep dan Pramuka Saka Bahari Lanal DBS.


Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Danlanal DBS) mengikuti pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 TNI Angkatan Laut Tahun 2024 di Mako Lantamal IV Batam.


Pada pelaksanaan upacara tersebut, Irup membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., mengatakan bahwa pada kesempatan ini, saya ucapkan “Dirgahayu ke-79 TNI Angkatan Laut” bagi seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas.


"Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya saya berikan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Laut atas profesionalitas, dedikasi, dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas", tutur Panglima TNI.


"Panglima TNI juga mengatakan "Rakyat dan bangsa Indonesia bangga memiliki Angkatan Laut yang profesional dan modern sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pelindung bangsa Indonesia dari segala ancaman dan gangguan khususnya di wilayah laut Indonesia", ungkapnya.


"Upacara hari jadi ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di atas KRI produksi dalam negeri. Sehingga saya menilai tema hari jadi tahun ini adalah tepat, yakni ”Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju", imbuh Panglima TNI.


Orang nomor satu di TNI juga mengatakan, "Kita juga patut bersyukur bahwa ditengah berbagai situasi yang sulit ini, TNI Angkatan Laut selalu hadir dan mampu menunjukkan kapabilitasnya untuk mendukung pemerintah dalam berbagai misi perdamaian dunia, penanggulangan bencana alam, dan khususnya mobilisasi laut untuk misi mulia pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina", ujarnya.


"Kondisi global dan regional secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak pada negara kita. TNI Angkatan Laut sebagai simbol kejayaan kekuatan laut nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis, termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa kita.

Sehingga dalam menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakkan fondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern, yang memiliki sumber daya manusia berkualitas, dan relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI Angkatan Laut dapat bertransformasi menjadi bagian kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis regional maupun global", ungkap Panglima TNI.


Panglima TNI berharap, "Profesionalisme TNI AL dapat selalu dijaga dan ditingkatkan dalam menghadapi berbagai tantangan global dan nasional, seperti pelanggaran wilayah kedaulatan laut, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam", harapnya.


"Berkaitan tahun 2024 ini yang merupakan tahun politik menuju pemilihan kepala daerah serentak bulan November nanti, tidak bosan-bosan Saya mengingatkan kembali kepada segenap prajurit TNI Angkatan Laut untuk menjaga komitmen Netralitas TNI. Netralitas TNI merupakan kehendak rakyat Indonesia yang telah diamanatkan dalam ”Undang-Undang TNI nomor 34 tahun 2004” diantaranya bahwa TNI tidak berpolitik praktis. Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI secara tegas tidak ingin dan tidak boleh kembali ke panggung politik praktis dan lebih mengutamakan sinergitas dengan Polri dan komponen bangsa lainnya", tegas Panglima TNI.


Paglima TNI juga menambahkan, "Sebelum mengakhiri amanat ini, saya ingin memberikan beberapa penekanan pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 TNI Angkatan Laut ini sebagai berikut, Pertama, Bekerjalah dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas. Kedua, Jadilah TNI yang PRIMA dan TNI AL yang modern, berdaya gentar kawasan dan berproyeksi global. Ketiga, Jaga tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh Alutsista laut yang dimiliki. Keempat, Lakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan marwah TNI Angkatan Laut yang berwawasan internasional. Kelima, Pupuk dan perteguh komitmen sinergitas dan soliditas TNI dengan Polri dan Kementerian/Lembaga lain berbasis Saptamarga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI. “Dirgahayu TNI Angkatan Laut. Salam Jalesveva Jayamahe”, pungksnya


Usai pelaksanaan upacara Peringatan HUT TNI Angkatan Laut Ke-79, dilaksanakan syukuran di Gedung Diponegoro Mako Lanal Dabo Singkep. Pada saat acara syukuran tersebut Komandan Lanal Dabo Singkep diwakili Palaksa Lanal Dabo Singkep menerima surprise dari Polres Lingga dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lingga dengan membawa kue ulang tahun dalam rangka HUT TNI AL Ke-79 Tahun 2024.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Pasintel Lanal Dabo Singkep Kapten Laut (E) Budi Suharyanto, Dandenpomal Lanal Dabo Singkep Japten Laut (PM) Sedyo, Danpuslatpurmar 9 Dabo Singkep Mayor Marinir Ricky Sandro, M.Tr. Opsla., diwakili Letda Marinir Bonar, Pengurus Cabang 7 Korcab IV DJA I, Persatuan Pensiunan Angkatan Laut (PPAL) Rayon Dabo Singkep, serta Pramuka Saka Bahari Lanal Dabo Singkep.


(Pen Lanal Dabo Singkep/DIN)