Pangkalan TNI AL Kumai Laksanakan Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun TNI AL Ke 79 Tahun 2024

Header Menu

Advertisement

Pangkalan TNI AL Kumai Laksanakan Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun TNI AL Ke 79 Tahun 2024

Redaksi
Selasa, September 10, 2024

 Pangkalan TNI AL Kumai Laksanakan Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun TNI AL Ke 79 Tahun 2024



BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Kumai,- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI AL Ke-79, Lanal Kumai melaksanakan Upacara yang yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Kumai Mayor Laut (P) Mahendra. HUT TNI AL Tahun ini bertemakan "Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju", Selasa (10/09/2024).


Komandan Lanal Kumai selaku Inspektur Upacara membacakan amanat dari Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. Dalam amanat tersebut disampaikan bahwa TNI Angkatan Laut sebagai simbol kejayaan kekuatan laut nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis, termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa kita, sehingga dalam menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, transformasi 

pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakkan fondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern, yang memiliki sumber daya manusia berkualitas, dan relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI Angkatan Laut dapat bertransformasi menjadi bagian kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis regional maupun global. Profesionalisme TNI AL selalu dijaga dan ditingkatkan dalam menghadapi berbagai tantangan global dan nasional, seperti pelanggaran wilayah kedaulatan laut, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam.


Acara ini menjadi momen penting bagi seluruh jajaran TNI AL dalam memperingati Hari Ulang Tahun TNI AL ke-79, Lanal Kumai telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yaitu, melaksanakan Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan Indra Pura Pangkalan Bun dan Tabur Bunga di Perairan Teluk Kumai. Kegiatan ini dilakukan sebagai penghormatan kepada pahlawan yang telah gugur dan mengenang jasa para pahlawan maritim yang telah berjuang mengabdikan diri kepada negara dan bangsa. 


Disamping itu, Pangkalan TNI AL Kumai tidak lupa pula melaksanakan doa bersama dengan masyarakat di Masjid Jannatul Khoirot. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara untuk memohon kelancaran dalam memperingati HUT TNI AL ke-79. Semoga seluruh prajurit TNI AL dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan laut Indonesia diberikan keselamatan dan kesuksesan.


Kegiatan Bakti Kesehatan Donor Darah juga diselenggarakan Pangkalan TNI AL Kumai, yang bertujuan untuk membantu dan memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit atau puskesmas serta mendukung program kesehatan masyarakat. 


Pemecahan Rekor Muri Makan Siang Bergizi Menu Ikan Laut dan Telur Ayam dan Penyerahan Paket Sembako Secara Serentak, bertempat di Pos Binpotmar Kumai dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M. Tr.Opsla,. melalui video conference (vicon), diseluruh jajaran TNI AL. 


Puncak peringatan HUT TNI AL ditutup dengan upacara yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia. Upacara peringatan HUT TNI AL terpusat di Perairan Teluk Jakarta diatas geladak KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI, dalam kegiatan tersebut dilanjutkan dengan demo sailing pass oleh beberapa KRI milik TNI AL.


Komandan Lanal Kumai Mayor Laut (P) Mahendra menyampaikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dengan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial dari TNI AL terhadap kesejahteraan masyarakat yang merupakan salah satu wujud pengabdian TNI AL kepada bangsa dan negara, sekaligus memperkuat sinergi antara TNI AL dan masyarakat.

"Jalesveva Jayamahe"

"Uras Pahari"


(Pen Lanal Kumai/DIN)