PRAJURIT LANAL BINTAN PERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1446 HIJRIYAH/2024

Header Menu

Advertisement

PRAJURIT LANAL BINTAN PERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1446 HIJRIYAH/2024

Redaksi
Kamis, September 19, 2024

 PRAJURIT LANAL BINTAN PERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1446 HIJRIYAH/2024



BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Bintan,- Prajurit Lanal Bintan beserta Jalasenastri Lanal Bintan ikuti Ceramah Agama Islam dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024, bertempat di Masjid Al Jihad Tanjung Uban, Bintan, Rabu (18/09/2024).


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriyah/2024 M dihadiri oleh Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., beserta Perwira Staf dan Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Erni Eko Agus Susanto beserta Pengurus Cabang 5 Korcab IV DJA I tersebut mengusung tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Dalam Mewujudkan Personel TNI AL Yang Relegius”, dengan penceramah Ustadz H. Nurqolis, M.Pd.


Acara dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan penyampaian kata sambutan. Dalam sambutannya, Danlanal Bintan mengatakan bahwa Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Mari Kita Tingkatkan Kecintaan Kita Kepada Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti jejak-jejak kehidupan beliau. Marilah kita renungkan pesan-pesan kesederhanaan, kejujuran, dan kasih sayang yang beliau ajarkan kepada kita. Mari kita tingkatkan kualitas ibadah kita, memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, serta memperbanyak amalan-amalan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari, memberi makan orang yang lapar, memberi perlindungan kepada yang lemah, dan menyebarkan kasih sayang kepada sesama manusia. 


Dalam tausiahnya Ustad H. Nurqolis, M.Pd., menyampaikan bahwa Perayaan Maulid Nabi sendiri merupakan wujud rasa bahagia umat Islam atas kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang memberikan manfaat di dunia dan akhirat. Momentum peringatan Maulid Nabi ini tidak akan kita temukan dalam surah ataupun hadist yang memerintahkan kita untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Budaya ini dibuat oleh para ulama agar kita selalu ingat dan semakin cinta kepada Nabi Muhammad SAW, yakni dibulan Rabiul awal. 


Pada bulan Rabiul Awal ini banyak peristiwa terjadi antara lain adalah Maulid Nabi ataupun kelahiran Baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Kemudian peristiwa kedua dibulan Rabiul Awal adalah Nabi membangun Masjid Quba. Dan peristiwa ketiga yang terjadi di bulan ini adalah Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah, kemudian peristiwa yang keempat yang terjadi di bulan Rabiul awal adalah dilaksanakannya Sholat Jum'at pertama kali. Dan peristiwa terakhir adalah meninggalkannya Nabi Muhammad SAW.


Semoga dengan peringatan Maulid Nabi ini kita semua makin cinta kepada Nabi Muhammad SAW dengan salah satunya memperbanyak sholawat dan semoga kita semua mendapatkan Syafaat dari Nabi Muhammad SAW di kemudian hari.


(Pen Lanal Bintan/DIN)