Danlanal Dabo Singkep Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Header Menu

Advertisement

Danlanal Dabo Singkep Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Redaksi
Selasa, Oktober 01, 2024

 Danlanal Dabo Singkep Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 



BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Dabo Singkep,- Komandan Lanal Dabo Singkep (Danlanal DBS) Letkol Laut (P) Tri Hermawan, M.A., M.Tr. Opsla., CTMP., pimpin langsung Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Lapangan Apel Mako Lanal Dabo Singkep, Jalan Yos Sudarso No. 1 Dabo Singkep, Selasa (01/10/2024).


Pada upacara tersebut, Danlanal DBS membacakan Teks Pancasila yang ditirukan oleh peserta upacara. Selain itu dibacakan juga Ikrar Kesaktian Pancasila oleh petugas upacara.


Pasukan upacara pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini adalah 1 (satu) Peleton Pama Lanal DBS, 1 (satu) Peleton Bintara Lanal DBS, dan 1 (satu) Peleton Tamtama Lanal DBS. 


Usai upacara, ditempat yang sama Danlanal DBS mengatakan, "Dengan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup bangsa Indonesia", ujarnya.


Danlanal DBS juga mengatakan, "Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 01 Oktober di Indonesia. Peringatan ini bertujuan untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S/PKI) pada tahun 1965. Pada saat itu, G30S/PKI berusaha menggulingkan pemerintahan dan meruntuhkan Pancasila sebagai ideologi negara", ungkapnya.


"Peringatan ini juga mengingatkan kita semua tentang pentingnya menjaga dan mempertahankan Pancasila dari segala bentuk ancaman dan gangguan", pungkas Danlanal DBS.


(Pen Lanal DBS/DIN)