Prajurit Lanal Bintan Bubarkan Pendemo Yang Menyerbu Pertamina Tanjung Uban

Header Menu

Advertisement

Prajurit Lanal Bintan Bubarkan Pendemo Yang Menyerbu Pertamina Tanjung Uban

Redaksi
Kamis, Oktober 10, 2024

 Prajurit Lanal Bintan Bubarkan Pendemo Yang Menyerbu Pertamina Tanjung Uban



BAROMETERMAS.COM. TNI AL, Bintan,- Dalam rangka turut mengamankan obyek vital yang berada di wilayah kerja Lanal Bintan, Prajurit Lanal Bintan mengikuti Latihan Operasi Pengamanan Objek Vital Nasional Strategis Tahun 2024, bertempat di Gerbang Pos III PT. Pertamina Tanjung Uban, Kamis (10/10/2024). 


Obyek vital merupakan salah satu kawasan, tempat, bangunan dan usaha yang menyangkut harkat hidup orang banyak, kepentingan dan atau sumber pendapatan besar negara yang memiliki potensi kerawanan dan dapat menggoyahkan stabilitas ekonomi, politik dan keamanan bila terjadi gangguan keamanan.


Latihan pengamanan obyek vital yang disimulasikan berada di lokasi Pertamina Tanjung Uban Bintan tersebut merupakan program Lanal Bintan yang bekerjasama dengan Pertamina Tanjung Uban Bintan. Pada saat simulasi tersebut, massa pendemo tiba di Pos III PT. Pertamina Tanjung Uban, kemudian Pihak PT. Pertamina melaksanakan negosiasi kepada perwakilan pendemo, karena para pendemo mulai melakukan aksi anarkis, lalu Tim Dakhura Lanal Bintan melaksanakan pengamanan. Selanjutnya Tim Dakhura mengamankan 2 orang pendemo dan diamankan Pomal Lanal Bintan. Aksi dapat diatasi kemudian masa pendemo membubarkan diri.


Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan Kolonel Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., mengatakan infrastruktur energi merupakan objek vital nasional yang harus mendapat pengamanan ketat sehingga dalam pelaksanaannya Pertamina Tanjung Uban Bintan menggandeng sejumlah stakeholder, salah satunya Lanal Bintan. Pertamina Tanjung Uban Bintan harus memastikan keamanan seluruh infrastruktur energi untuk menjaga stok dan ketahanan energi nasional. 


(Pen Lanal Bintan/DIN)